Prima Bali Catering

Harga Catering Pernikahan di Bali

Harga Catering Pernikahan di Bali

Di Bali pernikahan merupakan momen yang penting dan sering dijadikan sebagai momen sakral. Hal inilah yang menyebabkan banyak generasi muda masih menggunakan adat Bali ketika hendak menikah. Selain menggunakan adat tradisional, mereka juga menggunakan menu catering pernikahan adat Bali agar konsep pernikahan semakin paripurna, dan pastinya memilih harga yang murah untuk catering saat pernikahan berlangsung di Bali

Makanan khas dari daerah Bali memiliki cita rasa yang unik dan tidak bisa ditemukan di daerah lain. Kalau kamu ataupun pasangan berasal dari wilayah tersebut, kamu bisa menggunakan adat Bali untuk menikah. Makanan tradisional yang sering disuguhkan dalam resepsi pernikahan Bali cukup variatif. 

Rata-rata masakan tersebut memiliki cita rasa yang lezat, mulai dari perpaduan asam dan manis, pedas, gurih, dan lainnya. Dijamin menggunakan makanan tradisional dari daerah Bali tidak kalah enaknya dibandingkan menggunakan menu makanan Barat maupun nasional. Berikut merupakan rekomendasi menu catering pernikahan adat Bali yang bisa kamu masukkan dalam menu hidangan catering pernikahan, diantaranya adalah:

Ayam Betutu

Ayam betutu merupakan olahan yang cukup populer di Bali dan sering ditemukan dalam berbagai perayaan. Karena itu tak lengkap rasanya jika kamu tidak memasukkan ayam betutu di menu prasmanan pernikahanmu. Cita rasa ayam betutu juga lezat, yakni gurih dan pedas karena rempah yang digunakan. 

Ayam ini diolah dengan cara yang unik, yakni memasukkan semua bumbu dan rempah ke dalam perut ayam. Ayam yang digunakan pun merupakan ayam kampung, sehingga cita rasanya semakin sedap. Jika sudah dimasukkan semua rempahnya, ayam kemudian dibungkus dengan daun pisang. 

Cara memasak ayam betutu dengan dipanggang menggunakan bara api kecil selama 24 jam. Karena proses memasak yang lama inilah bumbu dan rempah yang berada di dalam perut ayam meresap dengan baik. Sekarang proses memasak ayam betutu bisa lebih cepat dengan bantuan alat pemanggang. 

Sate Lilit

Selain ayam betutu, menu catering pernikahan adat Bali yang bisa kamu kombinasikan dengan berbagai lauk dan makanan adalah sate lilit. Sate lilit merupakan sate yang unik, dimana daging tidak langsung dipanggang setelah dipotong, melainkan di cincang terlebih dahulu dan di bumbui dengan batang serai. 

Setelahnya daging tersebut kemudian dililitkan di bambu dan dibakar sampai matang merata. Untuk cita rasa, kamu tidak perlu bertanya lagi, sebab rempah yang digunakan merupakan rempah pilihan dengan cuta rasa khas Bali. Sensasi rasanya juga berbeda dibandingkan dengan sate lain pada umumnya yang biasa kamu temui. 

Karena menggunakan daging cincang, maka tekstur sate lebih empuk dan mudah untuk digigit. Aroma serai yang terbakar juga membuat cita rasa sate ini semakin unik dan sedap. Umumnya sate lilit menggungakan daging ayam, namun tidak jarang juga menggunakan daging sapi. 

Sate Plecing

Masih satu menu dengan sate lilit, kamu juga bisa menyajikan sate plecing sebagai salah satu menu masakan dengan resepsi adat khas Bali. Sate plecing terbuat dari daging ayam, namun juga bisa dibuat dengan daging ikan yang sudah dihilangkan durinya. 

Sate plecing merupakan menu catering pernikahan adat Bali yang memiliki cita rasa pedas dan segar, berbeda dengan sate lain pada umumnya yang memiliki rasa gurih. Sebelum disajikan, sate plecing disiram terlebih dahulu menggunakan air jeruk limau, sehingga aroma amis dan pembakaran bisa hilang dan digantikan dengan aroma segar. 

Kamu bisa menghidangkan sate plecing bersamaan dengan sate lilit, karena keduanya merupakan jenis makanan yang berbeda. Rasa yang disajikan juga berlainan, sehingga tamu undangan bisa memilih mana yang lebih sesuai dengan selera yang dimiliki. 

Tum Ayam

Kembali ke olahan ayam, ternyata di Bali terdapat olahan ayam yang menyerupai pepes di daerah Jawa, khususnya bagian Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bedanya jika pepes menggunakan ikan sebagai isian, maka tum ayam menggunakan ayam di dalamnya sebagai isi. 

Agar lebih mudah dikonsumsi, ayam yang hendak diolah menjadi tum ayam harus dicincang terlebih dahulu. Cincangannya juga tidak perlu halus, kamu boleh memilih cincangan yang kasar, sebab daging tersebut nantinya juga akan dicampur dengan rempah khas Bali. 

Untuk kamu yang hendak menggunakan harga murah dari menu catering pernikahan adat di Bali ini, bisa mengukus menggunakan daun pisang yang telah dibersihkan. Menggunakan daun pisang bisa membuat cita rasa tum ayam semakin keluar, namun jika tidak ada kamu bisa mengukusnya secara bersamaan di panci yang bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *