Prima Bali Catering

Resep Sayur Lawar Bali

Resep Sayur Lawar Bali

Resep Sayur lawar ialah masakan berbentuk kombinasi sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui secara rata yang dari Bali. Makanan ini lumrah disajikan dalam rumah tangga di Bali atau ditawarkan secara luas di sejumlah rumah makan dengan panggilan lawar Bali. Lawar dibuat dari daging yang dicincang, sayur, beberapa bumbu-bumbu dan kelapa. Kadang di beberapa tipe lawar dikasih elemen yang bisa menambahkan rasa dari lawar itu yaitu darah dari daging itu. [1] Darah itu digabungkan dengan bumbu-bumbu tertentu hingga menambahkan sedap lawar itu. Lawar sendiri tidak dapat tahan lama makanan ini jika didiamkan dalam udara terbuka hanya bertahan 1/2 hari.

Makanan lawar kemungkinan tidak akrab. Dengarnya saja sedikit asing untuk sebagian orang apalagi mengonsumsinya. Jika Anda vegetarian, Anda akan menyenangi makanan ini. Pasalnya , lawar ialah olahan sayur yang diproses dengan bumbu makanan keunikan Bali.

Apa sayur yang diproses dengan bumbu ala Bali (base gede), yakni gabungan lengkuas, kunyit, jahe dan kencur disebut dengan panggilan lawar. Lawar kacang misalnya, potongan kacang panjang ditumis mudah dengan bumbu base besar.

Jika biasanya kari dipadankan dengan daging, lawar punya kesan-kesan yang lain. Cita-rasa seperti kari dari rempah itu berpadu dengan renyahnya sayur yang diproses 1/2 masak. Hidangan ini paling enak dimakan dengan nasi hangat dan lauk pauk lainnya.

“Resep Sayur Lawar sendiri di Bali telah sangat jarang, karena lawar merah yang asli kan menggunakan darah babi dalam memprosesnya, tapi bila di sini kita tidak memakai darah hingga kita sebut dengan lawar putih.

Chef Mandif menambahkan lawar sebagai menu pendamping makanan khusus. Sajian ini cocok disandingkan dengan makanan khusus keunikan Bali, ayam betutu misalkan. “Ada lawar jagung bakar, lawar kacang, lawar nangka yang bisa dicoba di restaurant ini,” lanjut Mandif.

Ingin membuat lauk yang mempunyai kandungan sayur sekaligus daging ayam? Coba bikin lawar keunikan Bali ini. Rasanya sangat nikmat dan pas dimakan dengan nasi putih hangat.

Bahan-Bahan Lawar Bali

100 gram kelapa parut (tetapkan yang 1/2 tua)

150 gram daging ayam rebus, disuwir

100 garam kacang panjang, potong 2 cm lalu rebus 1/2 masak

100 gram kecambah, rebus

2 sdm gula merah, disisir

2 sdm minyak untuk menumis

1 buah mentimun, potong dadu kecil

3 sdm bawang goreng

1 buah jeruk nipis

1 sdt garam

Bahan Bumbu Halus

3 cabe merah, buang bijinya

10 cabe rawit (atau sesuai sama selera)

6 butir bawang merah

2 buah bawang putih

1/2 sdt lada

2 butir kemiri

1 cm jahe

1 cm lengkuas

2 cm kencur

1/2 sdt ketumbar

1/2 blok terasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *