Prima Bali Catering

Resep Lawar Khas Bali

Resep Lawar Khas Bali

Lawar sebagai salah satunya makanan khas Bali yang terkenal lezat. Umumnya lawar dihidangkan mendekati hari raya Galungan dengan Resep Lawar Khas Bali. Bahan khusus lawar dibuat dari sayur dan daging babi.

Makanan ini wajar disajikan dalam rumah tangga di Bali atau ditawarkan secara luas di sejumlah rumah makan dengan panggilan lawar Bali. Lawar dibuat dari daging yang dicincang, sayur, beberapa bumbu-bumbu dan kelapa. Kadang di sejumlah type lawar dikasih unsur yang bisa menambahkan rasa dari lawar itu yaitu darah dari daging tersebut. Darah itu dicampurkan dengan bumbu-bumbu tertentu sampai menambah lezat lawar itu. Lawar sendiri tidak dapat bertahan lama makanan ini jika didiamkan dalam udara terbuka hanya bertahan 1/2 hari.

Penamaannya bervariasi, biasanya berdasar type daging yang digunakan atau tipe sayurannya. Bila yang digunakan daging babi karena itu lawar yang dibikin disebutkan lawar babi., demikian juga bila yang digunakan sayur nangka, karena itu lawarnya diberi nama lawar nangka. Ada juga pemberian namanya berdasar warna lawarnya yaitu lawar merah bila warna lawarnya merah, lawar putih bila warna lawarnya putih dan ada lawar yang namanya lawar padamare, yaitu seperti lawar yang dibuat dari gabungan beberapa macam lawar. Lawar disajikan sebagai rekanan nasi bersama tipe lauk-pauk yang lain

Tipe Tipe Lawar Bali

Lawar Siap (Lawar Ayam) – Lawar yang menggunakan daging ayam sebagai bahan utama.

Lawar Celeng (Lawar Babi) – Lawar yang menggunakan daging babi sebagai bahan utama.

Lawar Penyu – Lawar yang menggunakan daging penyu sebagai bahan utama (untuk kelestarian lingkungan, dianjurkan bukan untuk menggunakan daging penyu, kecuali betul-betul untuk kebutuhan upacara/upakara).

Lawar Barak (Lawar Merah) – Lawar yang menggunakan darah sebagai bahan gabungan, sementara dagingnya bisa salah-satu antara ketiga jenis daging di atas.

Lawar Putih – Lawar yang tidak menggunakan darah benar-benar. Selain benar ada tipe upacara/upakar yang mewajibkan pemakaian lawar putih, ada juga yang tidak sukai menggunakan darah sebagai bahan kombinasi.

Tetapi, Resep Lawar Khas Bali bisa juga diproses dengan daging ayam atau beberapa bahan yang lain. Tidak selamanya menanti hari raya atau perayaan tertentu, kamu dapat mengolah lawar untuk menu setiap hari. Jika kamu tertarik membuat, baca beberapa resep kreativitas lawar bali berikut!

1. Lawar nangka

Beberapa bahan:

1/2 buah nangka muda yang telah direbus

1 ikat kacang panjang, potongi

1/4 butir kelapa parut, sangrai

1 sdm cabe rawit, irislah

1 sdt penyedap

1 sendok teh garam

1 sdm bawang merah goreng

1 sdm bawang putih goreng

Bumbu lembut:

10 biji bawang merah

10 biji bawang putih

2 cabai merah

3 butir kemiri

1 batas jahe

1 batas kencur

1 batas lengkuas

1 batas kunyit

1 sdt ketumbar bubuk

1 sdt merica bubuk

1/4 biji jeruk nipis

2 helai daun salam

3 helai daun jeruk

minyak seperlunya

Langkah membuat:

-Cincang kasar nangka rebus, selanjutnya pinggirkan.

-Setelah itu, rebus potongan kacang panjang, lalu pinggirkan.

-Haluskan seluruh bahan bumbu lembut, lalu oseng sampai wangi.

-Tambahkan daun salam, daun jeruk, dan kelapa parut, lalu aduk rata.

-Siapkan nangka dan kacang panjang pada sebuah tempat.

-Campur dengan bawang merah goreng, bawang putih goreng, potongan cabe, dan bumbu lembut. Aduk sampai

rata.

-Terakhir, tambah air jeruk nipis, aduk rata.

-Lawar nangka siap dihidangkan.