Prima Bali Catering

Nasi campur paling enak di bali

Ah, siapa yang gak rindu pulau Bali? Rasanya tak pernah bosan untuk pergi mengunjungi pulau ini sebagai tempat liburan dan memanjakan diri. Pantainya yang indah, budaya yang kental, masyarakat yang ramah, serta ragam kuliner yang nikmat dengan bumbu khas. Banyaknya budaya yang menyatu dengan budaya setempat pun tercermin dalam kulinernya, dimana salah satunya adalah nasi campur Bali.

Sesuai dengan namanya, nasi campur ayam merupakan hidangan nasi putih yang disajikan dengan ayam dan berbagai lauk pauk. Yang menjadikan nasi campur ini spesial adalah lauk yang terdapat di dalamnya mengedepankan masakan khas Bali.

Satu porsi nasi campur Bali biasanya berisikan nasi hangat, jukut urap (sayur urap khas Bali), tum (sejenis pepes), sate lilit, ayam suwir,ayam betutu, teri kacang, telur pindang dan nggak lupa sambal matah khas Pulau Dewata yang pedas segar.

Sate lilit merupakan sate khas Bali yang terbuat dari daging ikan yang dicincang halus dan dibumbui dengan rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, daun jeruk, lengkuas, ketumbar, kunyit, cabai, dan santan kental sehingga menciptakan rasa yang gurih. Ada yang unik dari sate khas Bali ini yakni tusuknya yang menggunakan batang sereh sehingga aromanya sangat wangi saat dibakar. Selain menggunakan daging ikan, sate lilit juga bisa dibuat dari daging ayam.

Dalam nasi campur Bali, biasanya terdapat lauk pauk seperti ayam betutu, jukut urap, sate lilit, sambal matah, ayam suwir, hingga teri kacang.

 

  1. Jukut Urap

Dalam nasi campur Bali, terdapat lauk jukut urap. Jukut urap adalah kuliner yang terbuat dari sayuran-sayuran seperti kacang panjang, tauge, daun kol, bayam, kacang panjang, dan kelapa parut yang diberi bumbu bawang goreng, bawang putih, daun jeruk, garam, terasi, serta cabai sehingga rasanya jadi agak pedas.

Semua bahan-bahan diaduk menjadi satu agar cita rasanya jadi lebih lezat.

  1. Sate Lilit

Sate lilit adalah sate khas Bali terbuat dari daging ikan cincang yang dibumbui rempah-rempah sehingga memiliki cita rasa gurih.

Tusuk sate lilit menggunakan batang serai, sehingga aromanya wangi saat dibakar.

Sate lilit juga bisa dibuat dari daging ayam.

  1. Sambal Matah

Sambal matah merupakan sambal yang cara pembuatannya berbeda dari sambal Indonesia lainnya karena tidak diulek atau dihaluskan.

  1. Ayam Suwir

Ayam suwir terbuat dari dada ayam yang direbus lalu disuwir-suwir dan diberi aneka bumbu rempah.

Cita rasanya sudah pasti gurih pedas khas Bali.

  1. Teri Kacang

Teri kacang terbuat dari kacang tanah dan teri yang sudah digoreng terlebih dahulu lalu diberi bumbu pedas.