Prima Bali Catering

Nasi campur di denpasar

NASI Campur adalah salah satu kuliner khas Bali yang tak boleh dilewatkan jika kalian pergi ke Bali. Nasi bungkus Bali ini punya karakter yang unik. Di Bali nasi campur bungkus ternyata banyak ragamnya. Menurut Prawira,ada banyak variasi Nasi campur Bali. Namun aslinya yang menjadi lauk utama yang ada di Nasi campur Bali adalah lauk babi, berikut pelengkap sambal matah atau sambal embe, tum, serta sayur lawar yang biasanya terbuat dari nangka, kelapa atau kacang panjang.

Nasi Campur Bali juga akhirnya menyesuaikan, karena banyak pendatang diganti dengan lauk ayam dan sayur garang asem. Nah, garang asem di Bali merupakan ayam kari dengan bumbu yang kuat. Masakan Bali yang cukup kompleks juga sebenarnya hanya menggunakan satu bumbu yang dinamakan bumbu genep, di mana semua racikan rempah-rempah ada di sana. Tak heran ya kalau masakan Bali itu kaya cita rasa dan sangat berbumbu.

Sate lilit merupakan sate khas Bali yang terbuat dari daging ikan yang dicincang halus dan dibumbui dengan rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, daun jeruk, lengkuas, ketumbar, kunyit, cabai, dan santan kental sehingga menciptakan rasa yang gurih. Ada yang unik dari sate khas Bali ini yakni tusuknya yang menggunakan batang sereh sehingga aromanya sangat wangi saat dibakar. Selain menggunakan daging ikan, sate lilit juga bisa dibuat dari daging ayam.

  1. Ayam Betutu

Salah satu kuliner khas Bali ini juga sering disajikan dengan nasi campur. Beragam bumbu rempah yang dilumuri pada ayam utuh ini menghasilkan citarasa gurih-pedas yang tiada duanya. Bahkan, ayam utuh ini juga diberi isian daun singkong sehingga makin lengkaplah rasa dan aromanya.

Uniknya lagi, proses memasak ayam betutu tak hanya dikukus dalam daun pisang saja. Setelah itu, ayam utuh yang sudah dilumuri bumbu akan dibakar atau dipanggang dalam kondisi terbungkus daun pisang.

  1. Ayam Pelalah

Penggemar nasi Bali pastinya tak asing dengan lauk ayam suwir berbumbu pedas. Nah, ayam suwir yang ikonik ini disebut ayam pelalah atau ayam sisit. Lauk ayam ini memang terasa gurih-pedas.

Ayam pelalah dibuat dengan dua jenis bumbu, yakni bumbu rendam dan bumbu sambal. Ayam utuh atau ½ ekor perlu direndam dulu agar meresap sempurna ke dalam daging. Untuk merendamnya, anda bisa diamkan dalam kulkas dan dipangggang nantinya. Atau bumbu halusnya ditumis lalu ayamnya diungkep. Setelah itu, suwir-suwir ayam dan masak kembali dengan bumbu sambal.

  1. Sate Lilit

Satu lagi ikon nasi Bali yang tak boleh terlewatkan, yakni sate lilit. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate lilit memakai batang serai sebagai tusuk sate. Daging yang dililit pun berbeda dengan sate lain. Karena merupakan perpaduan ikan tenggiri dan ayam giling yang dicampur dengan bumbu halus kuning. Kalau ingin lebih pedas atau gurih, tambahkan cabai dan terasi yang sudah dibakar dalam perpaduan tersebut. Sate lilit kemudian dibakar hingga terkaramelisasi, lalu bisa langsung disajikan selagi hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *