Prima Bali Catering

Nasi campur denpasar

Nasi campur adalah salah satu masakan khas Indonesia. Makanan ini terdiri dari nasi putih yang dihidangkan dengan bermacam-macam lauk-pauk. Lauk yang digunakan adalah sambal goreng, abon, serundeng, tahu goreng, ikan goreng, telur dan lain-lain. Tergantung dari warung atau rumah makan yang menyajikannya nasi campur memiliki variasi tersendiri. Masakan ini sering dijual dalam bungkus kertas atau daun pisang.

 

Seperti halnya daerah lain, nasi campur Bali adalah sajian nasi dengan aneka lauk pendamping. Tak hanya satu atau dua, tapi bisa 5-6 jenis lauk dalam satu piring. 

  1. Ayam Betutu

Salah satu kuliner khas Bali ini juga sering disajikan dengan nasi campur. Beragam bumbu rempah yang dilumuri pada ayam utuh ini menghasilkan citarasa gurih-pedas yang tiada duanya. Bahkan, ayam utuh ini juga diberi isian daun singkong sehingga makin lengkaplah rasa dan aromanya.

  1. Sate Lilit

Satu lagi ikon nasi Bali yang tak boleh terlewatkan, yakni sate lilit. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate lilit memakai batang serai sebagai tusuk sate. Daging yang dililit pun berbeda dengan sate lain. Karena merupakan perpaduan ikan tenggiri dan ayam giling yang dicampur dengan bumbu halus kuning. 

  1. Telur Balado

Hampir semua nasi campur Indonesia memakai lauk satu ini. Telur balado memang cocok dengan nasi hangat dan lauk pendamping lainnya. Hmm, apalagi ada tambahan bumbu balado yang dituang di atas telurnya. Tapi selain balado, lauk telur ini juga nikmat dimasak bumbu khas Bali.

  1. Tempe Kering atau Kering Kentang

Nasi Bali juga tak ingin kehilangan sensasi kriuk. Oleh karena itu, tempe kering atau kering kentang sering jadi lauk pendamping andalan. Dengan rasa gurih-manis dan sedikit pedas, kedua jenis oseng kering ini perlu dijadikan lauk wajib. Ingin merasakan sensasi tempe dan kentang? Campurkan saja keduanya jadi kering kentang-tempe!

  1. Urap Bali

Dibandingkan yang lain, urap Bali atau jukut urap terkenal akan kesederhanaannya. Jika urap lain menyajikan dengan aneka sayur rebus, urap Bali hanya memakai kangkung atau bayam rebus, potongan kacang panjang, dan tauge panjang yang dicampurkan dengan bumbu urap dari kelapa parut. Selain jukut urap, anda juga bisa pilih lawar. 

 

  1. Jukut Urap

Dalam nasi campur Bali, terdapat lauk jukut urap. Jukut urap adalah kuliner yang terbuat dari sayuran-sayuran seperti kacang panjang, tauge, daun kol, bayam, kacang panjang, dan kelapa parut yang diberi bumbu bawang goreng, bawang putih, daun jeruk, garam, terasi, serta cabai sehingga rasanya jadi agak pedas.

Semua bahan-bahan diaduk menjadi satu agar cita rasanya jadi lebih lezat.

  1. Sate Lilit

Sate lilit adalah sate khas Bali terbuat dari daging ikan cincang yang dibumbui rempah-rempah sehingga memiliki cita rasa gurih.

Tusuk sate lilit menggunakan batang sereh, sehingga aromanya wangi saat dibakar.

Sate lilit juga bisa dibuat dari daging ayam.

  1. Sambal Matah

Sambal matah merupakan sambal yang cara pembuatannya berbeda dari sambal Indonesia lainnya karena tidak diulek atau dihaluskan.