Prima Bali Catering

Nasi campur bali di bali

Selain terkenal dengan pemandangan alamnya, eksotisme Bali juga tertular pada kulinernya. Salah satu menu khas Bali yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Bali adalah Nasi Campur Bali.

Sesuai namanya, Nasi Campur Bali merupakan campuran nasi dengan berbagai macam lauk pauk seperti ayam, telur sayuran dan juga sate lilit yang biasanya terbuat dari ikan atau ayam. Lauk ayam yang digunakan juga merupakan ayam yang dipanggang dengan bumbu Bali serta dengan cita rasanya yang gurih.

 

Selain terkenal dengan pemandangan alamnya, eksotisme Bali juga tertular pada kulinernya. Salah satu menu khas Bali yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Bali adalah Nasi Campur Bali.

Sesuai namanya, Nasi Campur Bali merupakan campuran nasi dengan berbagai macam lauk pauk seperti ayam, telur sayuran dan juga sate lilit yang biasanya terbuat dari ikan atau ayam. Lauk ayam yang diwgunakan juga merupakan ayam yang dipanggang dengan bumbu Bali serta dengan cita rasanya yang gurih.

Base Genep

Bisa dibilang base genep adalah jiwa dari masakan Bali. Jika kamu suka ayam betutu atau babi guling, esensi rasa dalam kedua menu tersebut ada di base genepnya. Perpaduan antara ketumbar, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, jahe, kencur, base genep disebut-sebut membawa berbagai manfaat kesehatan, salah satunya sebagai penangkal flu. Bahan-bahan ini kemudian ulek hingga halus dan creamy seperti saus. Base genep bisa tahan hingga satu minggu dalam lemari es, lho.

Betutu

Tahukah kamu, bahwa bebek betutu dikubur di dalam tanah kemudian ditutup dengan bara api hingga masak? Cara yang amat nyentrik ini memang hanya bisa ditemukan di Bali. Bumbu-bumbu rempah yang dilumuri di sekujur bebek tersebut mengendap dan meresap begitu dalam, menyatu alami dengan rasa bebek itu sendiri. Sebelum dikubur, bebek tersebut dibersihkan, dibumbui, dan dibalut dengan daun pisang dan daun kelapa. Aroma earthy nan eksotis pun menyeruak keluar dalam gigitan pertama. Dagingnya juga begitu lembut karena dimasak secara perlahan; kaldunya lumer bersama dengan bumbu base genep, menjadikan bebek atau ayam betutu selalu bikin kita ngiler duluan.

Sambal Matah

Sambal matah artinya adalah sambal mentah. Warnanya begitu menggoda, sedangkan aromanya begitu Bali. Sambal matah berisikan jahe, serai, dan daun jeruk purut. Wangi, lembut, dan feminin—sambal matah cocok menemani lauk-pauk ‘putih’ seperti ayam, ikan, tahu, dan tempe. Ditemani nasi putih, makan siang hanya dengan ikan laut segar pun sudah terasa sempurna ketika ditemani dengan sambal matah.

Seperti halnya daerah lain, nasi campur Bali adalah sajian nasi dengan aneka lauk pendamping. Tak hanya satu atau dua, tapi bisa 5-6 jenis lauk dalam satu piring. 

  1. Sate Lilit

Satu lagi ikon nasi Bali yang tak boleh terlewatkan, yakni sate lilit. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate lilit memakai batang serai sebagai tusuk sate. Daging yang dililit pun berbeda dengan sate lain. Karena merupakan perpaduan ikan tenggiri dan ayam giling yang dicampur dengan bumbu halus kuning. 

  1. Jukut Urap

Dalam nasi campur Bali, terdapat lauk jukut urap. Jukut urap adalah kuliner yang terbuat dari sayuran-sayuran seperti kacang panjang, tauge, daun kol, bayam, kacang panjang, dan kelapa parut yang diberi bumbu bawang goreng, bawang putih, daun jeruk, garam, terasi, serta cabai sehingga rasanya jadi agak pedas.

Semua bahan-bahan diaduk menjadi satu agar cita rasanya jadi lebih lezat.

  1. Sambal Matah

Sambal matah merupakan sambal yang cara pembuatannya berbeda dari sambal Indonesia lainnya karena tidak diulek atau dihaluskan.

  1. Urap Bali

Dibandingkan yang lain, urap Bali atau jukut urap terkenal akan kesederhanaannya. Jika urap lain menyajikan dengan aneka sayur rebus, urap Bali hanya memakai kangkung atau bayam rebus, potongan kacang panjang, dan tauge panjang yang dicampurkan dengan bumbu urap dari kelapa parut.

  1. Telur Balado

Hampir semua nasi campur Indonesia memakai lauk satu ini. Telur balado memang cocok dengan nasi hangat dan lauk pendamping lainnya. Hmm, apalagi ada tambahan bumbu balado yang dituang di atas telurnya. Tapi selain balado, lauk telur ini juga nikmat dimasak bumbu khas Bali.