Prima Bali Catering

Nasi campur bali di bali

Ah, siapa yang gak rindu pulau Bali? Rasanya tak pernah bosan untuk pergi mengunjungi pulau ini sebagai tempat liburan dan memanjakan diri. Pantainya yang indah, budaya yang kental, masyarakat yang ramah, serta ragam kuliner yang nikmat dengan bumbu khas. Banyaknya budaya yang menyatu dengan budaya setempat pun tercermin dalam kulinernya, dimana salah satunya adalah nasi campur Bali.

Seperti halnya daerah lain, nasi campur Bali adalah sajian nasi dengan aneka lauk pendamping. Tak hanya satu atau dua, tapi bisa 5-6 jenis lauk dalam satu piring. 

  1. Ayam Betutu

Salah satu kuliner khas Bali ini juga sering disajikan dengan nasi campur. Beragam bumbu rempah yang dilumuri pada ayam utuh ini menghasilkan citarasa gurih-pedas yang tiada duanya. Bahkan, ayam utuh ini juga diberi isian daun singkong sehingga makin lengkaplah rasa dan aromanya.

  1. Sate Lilit

Satu lagi ikon nasi Bali yang tak boleh terlewatkan, yakni sate lilit. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate lilit memakai batang serai sebagai tusuk sate. Daging yang dililit pun berbeda dengan sate lain. Karena merupakan perpaduan ikan tenggiri dan ayam giling yang dicampur dengan bumbu halus kuning. 

  1. Telur Balado

Hampir semua nasi campur Indonesia memakai lauk satu ini. Telur balado memang cocok dengan nasi hangat dan lauk pendamping lainnya. Hmm, apalagi ada tambahan bumbu balado yang dituang di atas telurnya. Tapi selain balado, lauk telur ini juga nikmat dimasak bumbu khas Bali.

  1. Urap Bali

Dibandingkan yang lain, urap Bali atau jukut urap terkenal akan kesederhanaannya. Jika urap lain menyajikan dengan aneka sayur rebus, urap Bali hanya memakai kangkung atau bayam rebus, potongan kacang panjang, dan tauge panjang yang dicampurkan dengan bumbu urap dari kelapa parut. Selain jukut urap, anda juga bisa pilih lawar. 

  1. Sambal Matah

Sambal yang satu ini wajib hukumnya. Sambal matah memang sambal mentah karena “matah” sendiri berarti mentah dalam bahasa Bali. Sambal ini memakai bawang merah, cabai rawit, serai, tomat, daun jeruk, air perasan jeruk limau, dan kecombrang. Semua bahan tersebut diiris kecil, lalu disiram minyak kelapa dan tambahkan sedikit garam.