Prima Bali Catering

Menu Nasi Campur Bali

Menu Nasi Campur Bali

Selain terkenal dengan pemandangan alamnya, eksotisme Bali juga tertular pada kulinernya. Salah satu menu khas Bali yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Bali adalah Nasi Campur Bali.

Sesuai namanya, Nasi Campur Bali merupakan campuran nasi dengan berbagai macam lauk pauk seperti ayam, telur sayuran dan juga sate lilit yang biasanya terbuat dari ikan atau ayam. Lauk ayam yang digunakan juga merupakan ayam yang dipanggang dengan bumbu Bali serta dengan cita rasanya yang gurih.

Untuk menambah nikmat melahap Nasi Bali ini Anda bisa mencampur semua lauk pauknya sekaligus, atau bisa juga dengan menikmatinya dengan memakan lauk pauknya satu persatu.

Seperti halnya daerah lain, menu nasi campur Bali adalah sajian nasi dengan aneka lauk pendamping. Tak hanya satu atau dua, tapi bisa 5-6 jenis lauk dalam satu piring. Menariknya lagi, lauk pendamping dalam nasi Bali ternyata bergizi lengkap. Ada serat, protein, serta karbohidrat yang tersaji dalam satu hidangan menggugah selera. 

1. Ayam Betutu

Salah satu kuliner khas Bali ini juga sering disajikan dengan nasi campur. Beragam bumbu rempah yang dilumuri pada ayam utuh ini menghasilkan citarasa gurih-pedas yang tiada duanya. Bahkan, ayam utuh ini juga diberi isian daun singkong sehingga makin lengkaplah rasa dan aromanya.

Uniknya lagi, proses memasak ayam betutu tak hanya dikukus dalam daun pisang saja. Setelah itu, ayam utuh yang sudah dilumuri bumbu akan dibakar atau dipanggang dalam kondisi terbungkus daun pisang.

2. Ayam Pelalah

Penggemar nasi Bali pastinya tak asing dengan lauk ayam suwir berbumbu pedas. Nah, ayam suwir yang ikonik ini disebut ayam pelalah atau ayam sisit. Lauk ayam ini memang terasa gurih-pedas.

Ayam pelalah dibuat dengan dua jenis bumbu, yakni bumbu rendam dan bumbu sambal. Ayam utuh atau ½ ekor perlu direndam dulu agar meresap sempurna ke dalam daging. Untuk merendamnya, anda bisa diamkan dalam kulkas dan dipangggang nantinya. Atau bumbu halusnya ditumis lalu ayamnya diungkep. Setelah itu, suwir-suwir ayam dan masak kembali dengan bumbu sambal.

3. Sate Lilit

Satu lagi ikon nasi Bali yang tak boleh terlewatkan, yakni sate lilit. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate lilit memakai batang serai sebagai tusuk sate. Daging yang dililit pun berbeda dengan sate lain. Karena merupakan perpaduan ikan tenggiri dan ayam giling yang dicampur dengan bumbu halus kuning. Kalau ingin lebih pedas atau gurih, tambahkan cabai dan terasi yang sudah dibakar dalam perpaduan tersebut. Sate lilit kemudian dibakar hingga terkaramelisasi, lalu bisa langsung disajikan selagi hangat.