Prima Bali Catering

Lawar Kuwir Bali

Lawar Kuwir Bali

Lawar Kuwir, kulineran ciri khas Bali yang terbagi dalam kombinasi sayur-sayuran dan daging cincang, ini umumnya dipakai sebagai sayur pendamping lauk pauk pada sebuah piring makanan. Tidaklah aneh, bila Lawar ini umumnya kita dapatkan di warung kulineran Bali yang menyajikan nasi campur.

Sekarang, lawar dihidangkan sebagai lauk khusus untuk dikonsumsi dengan nasi. Lawar kuwir yang dibikin dari daging bebek, misalkan sekarang jadi favorite rekreasi kulineran di Denpasar Bali. Satu diantaranya Lawar Kuwir Pan Cahaya di Gang Cemapaka Nomor 1, Jalan Kroya, Denpasar.

Warung yang jual lawar bebek itu cukup populer, walau lokasinya ada dalam gang yang kecil. Lawar Kuwir Pan Cahaya menyajikan tiga tipe olahan pada sebuah piring. Ada dua olahan sayur, yakni lawar dengan kombinasi daging bebek dan seperti urap.

Disamping itu diperlengkapi abon bebek yang rasanya renyah dengan kesan gurih. Ada pula sambal matah yang diperlengkapi kacang goreng.

Pada sebuah jatah sajian Lawar Kuwir Pan Cahaya menyajikan semangkuk jukut ares atau sayur tangkai pisang. Rasa renyah base genep, bumbu rempah ciri khas Bali menganakemaskan lidah.

Kombinasi rempah Bali yang terbagi dalam kunyit, jahe, kemiri, ketumbar, merica, bawang merah, bawang putih, cabe, dan serai bercampur jadi satu dalam mulut saat nikmati kulineran ciri khas Bali ini. Rasanya renyah agak pedas. Sajian Lawar Kuwir itu juga langsung pungkas, tidak lebih dari sepuluh menit.

Resep Lawar Kuwir Ciri khas Bali

Bahan Bahan Resep Lawar Kuwir :

2 ikat kacang panjang, rebus potong kecil kasar

1 biji nangka muda ukuran sedang, rebus cincang kasar

1 biji jeruk limausecukupnya bawang goreng

1/2 butir kelapa, bakar sesaat lalu diparut

seperlunya garam

seperlunya gula

seperlunya penyedap

250 gram daging kuwir (bebek entog) tanpa tulang rebus, cincang kasar

Bumbu embe :

10 biji bawang merah, irislah, goreng

10 biji bawang putih, irislah, goreng

10 cabai rawit, irislah, goreng

1 sdt terasi bakar

Bumbu Lembut :

3 cm laos

3 cm kencur

3 cm jahe

3 cm kunyit

7 bh bawang merah

5 bh bawang putih

2 biji kemiri

1 sdt merica

Langkah Membuat Resep Lawar Kuwir :

Lumatkan bumbu lembut,

oseng hingga wangi

Dalam tempat campur daging kuwir, kacang panjang, nangka, kelapa parut, bumbu lembut yang telah ditumis, bawang goreng, bawang putih, cabe, terasi, garam, gula, perasan air limau penyedap aduk sampai rata

Revisi rasa

Suguhkan dengan taburan bawang goreng