Prima Bali Catering

Kalori Telur Rebus 2 Butir – Informasi Nilai Gizi Terlengkap

Telur rebus mengandung protein dan nutrisi penting. Segelas 2 telur rebus punya 150 kalori. Mereka juga penuh protein, vitamin, mineral, dan asam amino esensial. Ini semua sangat bagus untuk tubuh kita.

Makan telur rebus rutin bisa bantu penuhi kebutuhan nutrisi harian. Mereka juga baik untuk kesehatan. Telur membantu bangun dan perbaiki otot. Meningkatkan kesehatan otak dan sistem saraf. Juga, mereka mengurangi risiko penyakit jantung.

Ini artikel akan beri info detil tentang kalori dan nilai gizi telur rebus. Kami juga akan bicara tentang manfaat dan cara mengonsumsinya yang baik.

Intisari Penting

  • Telur rebus mengandung sekitar 150 kalori per 2 butir.
  • Telur rebus kaya akan protein, vitamin, mineral, dan asam amino esensial.
  • Konsumsi telur rebus secara rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.
  • Telur rebus memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti membantu membangun dan memperbaiki otot.
  • Artikel ini akan memberikan informasi lengkap seputar kandungan kalori, nilai gizi, manfaat, dan cara mengonsumsi telur rebus.

Kalori dan Nutrisi dalam Telur Rebus

Sekitar 150 kalori terkandung dalam 2 butir telur rebus. Mereka juga punya banyak protein, yaitu sekitar 12 gram untuk 2 butir.

Kalori Telur Rebus 2 Butir

2 butir telur rebus itu punya kalori lebih sedikit daripada telur ayam kampung atau bebek. Cara memasak telurnya juga mempengaruhi kalorinya. Jadi, kalori telur rebus lebih rendah dibanding yang digoreng pakai minyak.

Kandungan Protein dalam Telur Rebus

Tidak hanya sedikit kalori, telur rebus juga kaya protein. Kamu bisa dapatkan 12 gram protein berkualitas dari 2 butir telur rebus. Protein ini bantu bangun dan perbaiki otot, serta jaga kesehatan tubuh.

Lemak dan Kolesterol dalam Telur Rebus

Meski kandungan lemak dan kolesterolnya ada, telur rebus masih rendah dibanding jenis lain. Ini jadi makanan sehat, terutama buat yang perlu waspada kolesterol.

Telur rebus penuh nutrisi yang bagus buat tubuh. Ini bantu otot, jaga kesehatan jantung, dan dukung kerja otak.

Kaya Nutrisi Esensial

Telur rebus mengandung banyak nutrisi, seperti protein, dan esensial vitamin dan mineral. Ada vitamin A, D, B12, kalsium, fosfor, dan zat besi di dalamnya. Semua ini penting untuk kesehatan mata, tulang, saraf, dan kekebalan tubuh.

Vitamin dan Mineral dalam Telur Rebus

Dalam telur rebus, kita dapat temukan berbagai vitamin dan mineral penting. Ini termasuk:

  • Vitamin A yang bagus untuk mata dan kulit.
  • Vitamin D yang penting untuk kalsium dan tulang.
  • Vitamin B12 yang membantu sel darah merah.
  • Kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi.
  • Fosfor untuk pembentukan tulang dan gigi.
  • Dan zat besi yang menghalau anemia serta mendukung kekebalan tubuh.

Asam Amino Esensial dari Telur Rebus

Telur rebus juga kaya akan asam amino esensial, bagian penting dalam membangun jaringan dan otot. Ini termasuk:

  • Leusin.
  • Isoleusin.
  • Valin.
  • Lisin.
  • Treonin.
  • Dan Triptofan.

Telur rebus adalah makanan yang sehat dan bergizi. Ini penuh dengan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Manfaat Mengonsumsi Telur Rebus

Makan telur rebus secara rutin sangat baik untuk tubuh kita. Telur rebus mengandung banyak protein. Protein membantu bangun dan perbaiki otot kita.

Membantu Membangun dan Memperbaiki Otot

Protein dalam telur rebus sangat esensial. Ini penting untuk membangun dan menjaga otot. Dengan cukup protein dari telur rebus, otot kita bisa lebih kuat dan cepat pulih setelah olahraga.

Meningkatkan Kesehatan Otak dan Sistem Saraf

Telur rebus juga punya nutrisi penting seperti kolin dan omega-3. Nutrisi ini sangat bagus untuk otak dan sistem saraf kita. Mereka mendukung kognisi dan menjaga otak sehat.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan lemak dan kolesterol dalam telur rebus rendah. Artinya, mereka bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, telur rebus mengandung antioksidan yang baik untuk jantung.

Rekomendasi Konsumsi Telur Rebus

Untuk manfaat terbaik, makan 1-2 butir telur rebus setiap hari. Cukup untuk gizi harian tanpa kebanyakan. Bagi yang punya diabetes atau masalah jantung, konsultasikan dulu dengan dokter tentang seberapa banyak yang boleh dimakan.

Kalori Telur Rebus 2 Butir

Dua butir telur rebus hanya memiliki sekitar 150 kalori. Ini lebih sedikit dibanding telur ayam kampung, telur bebek, atau telur puyuh.

Perbandingan dengan Jenis Telur Lainnya

Jenis Telur Kalori per Butir
Telur Ayam Kampung 94 kalori
Telur Bebek 135 kalori
Telur Puyuh 39 kalori
Telur Rebus 75 kalori (per butir)

Variasi dalam Pengolahan Telur Rebus

Cara memasak juga berpengaruh terhadap kalorinya. Telur yang digoreng atau diberi minyak lebih tinggi kalorinya daripada yang direbus.

Mengonsumsi Telur Rebus dengan Bijak

Telur rebus adalah makanan rendah lemak dan kolesterol. Namun, bagi yang punya diabetes atau penyakit jantung, perlu hati-hati. Sebaiknya, bicarakan dengan dokter mengenai porsi telur yang aman untuk Anda.

Memperhatikan Asupan Kolesterol

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, telur rebus perlu dibatasi. Dokter bisa memberi petunjuk porsi yang tepat. Ini agar Anda masih bisa menikmati telur tapi tetap sehat.

Menghindari Alergi Telur

Untuk yang alergi telur, lebih baik dihindari. Cari tahu apakah Anda alergi dengan berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi. Mereka bisa membantu menemukan sumber protein alternatif yang aman untuk Anda.

Resep Sehat dengan Telur Rebus

Telur rebus bisa dijadikan makanan sehat yang enak. Misalnya, membuat salad telur rebus. Salad ini terdiri dari telur rebus, sayur segar, saus rendah kalori, dan bumbu alami.

Salad Telur Rebus

Buat salad telur rebus dengan cara yang mudah. Rebus 2 butir telur. Potong-potong telur. Campur dengan selada, tomat cherry, dan timun. Tambahkan saus yogurt rendah lemak. Beri parsley dan air lemon agar lebih segar.

Sandwich Telur Rebus Sehat

Sandwich telur rebus juga enak dan sehat. Letakkan telur rebus di roti gandum. Tambahkan daun selada dan tomat. Sausnya bisa hummus atau mustard untuk rendah kalori. Ini bisa buat sarapan atau camilan.

Luangkan sedikit waktu dan kreasi. Telur rebus bisa jadi makanan sehat dan menarik untuk disantap.

Cara Menyimpan Telur Rebus dengan Benar

Untuk menjaga kualitas telur rebus, cara penyimpanannya sangat penting. Simpan telur rebus di dalam wadah tertutup dalam lemari es.

Telur rebus bisa tetap segar selama 5 hari. Penting untuk makan telur rebus sebelum kedaluwarsa.

Jaga telur rebus tetap segar dan aman dengan cara penyimpanan yang benar.

Sertifikasi dan Label pada Telur Rebus

Waktu membeli telur rebus, penting tahu cara simpan dan lihat labelnya. Telur organik lebih sehat karena tanpa bahan kimia. Untuk jantung, telur diperkaya dengan omega-3 sangat bagus.

Telur Organik

Telur organik bukan hanya sehat tapi juga baik untuk lingkungan. Mereka diproduksi tanpa pestisida dan hormon. Dengan sertifikasi, pembeli yakin telur ini bermanfaat dan aman.

Telur Omega-3

Tidak hanya telur organik, kita juga punya telur kaya omega-3. Nutrisi ini bagus untuk jantung dan pembuluh darah. Memilih telur dengan omega-3 tambahan adalah pilihan cerdas.

Saat membeli, lihat label dan sertifikasinya. Ini membantu memilih yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Kesimpulan

Telur rebus adalah sumber protein yang penting. Dua butir telur rebus mengandung sekitar 150 kalori. Mereka penuh dengan vitamin, mineral, dan asam amino yang dibutuhkan tubuh.

Konsumsi telur rebus secara teratur baik untuk tubuh. Mereka membantu bangun dan perbaiki otot. Juga meningkatkan kesehatan otak, sistem saraf, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Kita dapat makan 1-2 butir telur rebus setiap hari. Tetap pantau kandungan kolesterol dan alergi. Telur rebus juga bisa diolah jadi makanan sehat dan lezat.

Penting juga untuk memperhatikan cara simpan dan kualitas telur. Penyimpanannya dan sertifikasi yang baik adalah jaminan dapatkan telur berkualitas.

Telur rebus adalah pilihan makanan yang hebat. Mereka kaya akan nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan. Dengan perhatian pada jumlah makan dan cara mengolah, telur rebus siap jadi bagian pola makan sehat dan seimbang.

FAQ

Berapa banyak kalori dalam 2 butir telur rebus?

2 butir telur rebus berisi sekitar 150 kalori.

Apa saja kandungan nutrisi dalam telur rebus?

Telur rebus punya protein tinggi. Mereka juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti A, D, B12, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Apa saja manfaat mengonsumsi telur rebus secara rutin?

Memakan telur rebus baik untuk otot. Ini juga bagus untuk otak dan saraf. Tidak hanya itu, bisa kurangi risiko penyakit jantung.

Berapa rekomendasi konsumsi telur rebus per hari?

Orang disarankan makan 1-2 butir telur rebus tiap hari. Tapi, tetap perlu perhatikan kolesterol dan alergi.

Bagaimana cara menyimpan telur rebus dengan benar?

Telur rebus disimpan dalam wadah tertutup. Letakkan di lemari es. Mereka bisa tahan hingga 5 hari.

Apa yang harus diperhatikan dalam memilih telur rebus?

Pilih telur dengan sertifikasi tertentu, seperti organik atau tinggi omega-3. Ini membantu youdapatkan produk sesuai kebutuhanmu.