Prima Bali Catering

Harga Nasi Campur Bali

Harga Nasi Campur Bali

Bali memang kaya akan kuliner lezatnya. Setiap daerahnya memiliki kuliner khas yang tidak dimiliki daerah lain ditambah lagi dengan harga yang pas, contohnya saja nasi campur Bali. Sesuai dengan namanya, nasi campur adalah nasi yang disajikan dengan aneka lauk pauk yang jumlahnya lebih dari tiga jenis. Selayaknya kuliner tradisional lainnya, nasi campur Bali memiliki lauk pauk khas Bali yang berbeda dari kuliner daerah lainnya. Bagi kalian yang sangat suka menyantap dengan harga murah dari nasi campur Bali, ada lima lauk pauk yang selalu hadir dan tak pernah absen, yaitu:

1. Jukut Urap

Dalam nasi campur manapun yang ada di Indonesia selalu ada sayuran di dalamnya, tak terkecuali pada nasi campur Bali. Jakut urap adalah kuliner yang terbuat dari sayuran-sayuran seperti kacang panjang, tauge, daun kol, bayam, kacang panjang, dan kelapa parut yang diberi bumbu bawang goreng, bawang putih, daun jeruk, garam, terasi, serta cabai sehingga rasanya jadi agak pedas. Semua bahan-bahan diaduk menjadi satu agar cita rasanya jadi lebih lezat.

2. Ayam suwir

Meski ayam betutu menjadi kuliner ayam khas Bali yang paling terkenal, tapi ayam suwir menjadi kuliner yang paling sering muncul pada lauk-pauk nasi campur Bali. Ayam suwir terbuat dari dada ayam yang direbus lalu disuwir-suwir dan diberi aneka bumbu rempah rempah

3. Sambal Matah

Sambal memang tak akan bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia. Saat menyantap nasi, sambal seolah menjadi pasangan yang tepat. Sambal matah merupakan sambal yang cara pembuatannya berbeda dari sambal Indonesia lainnya karena tidak diulek atau dihaluskan. Kamu cukup mengiris dengan halus bahan pembuatnya seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, batang sereh, dan daun jeruk purut. Setelah semua bahan-bahan diiris halus, campurkan dengan air jeruk nipis, minyak goreng, garam, dan terasi bakar yang sudah dihaluskan.

4. Sate lilit

Sate lilit merupakan sate khas Bali yang terbuat dari daging ikan yang dicincang halus dan dibumbui dengan rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, daun jeruk, lengkuas, ketumbar, kunyit, cabai, dan santan kental sehingga menciptakan rasa yang gurih. Ada yang unik dari sate khas Bali ini yakni tusuknya yang menggunakan batang sereh sehingga aromanya sangat wangi saat dibakar. Selain menggunakan daging ikan, sate lilit juga bisa dibuat dari daging ayam dan babi.

5. Teri Kacang

Terakhir ada teri kacang yang menambah kaya tekstur pada nasi campur. Teri kacang terbuat dari kacang tanah dan teri yang sudah digoreng terlebih dahulu lalu diberi bumbu pedas. Tekstur teri kacang yang garing dan renyah bisa menggantikan kerupuk yang sering dijadikan tambahan lauk pada masakan Indonesia.