Prima Bali Catering

Dari Negara Mana Cocktail Mojito Berasal? Sejarah Minuman

Minuman mojito berasal dari Negara Kuba, bukan Indonesia. Ini adalah minuman beralkohol khas Kuba. Dibuat dari rum putih, gula, limun, soda, dan daun mint.

Meskipun asalnya dari Kuba, mojito sangat populer di negara lain. Bahkan, digunakan sebagai obat pada masa lalu.

Poin Penting:

  • Minuman mojito berasal dari Negara Kuba di Karibia.
  • Mojito adalah minuman beralkohol tradisional Kuba yang terbuat dari rum putih, gula, limun, soda, dan daun mint.
  • Meskipun berasal dari Kuba, popularitas mojito telah menyebar ke berbagai negara di dunia.
  • Pada masa lalu, mojito juga pernah digunakan sebagai obat alami.
  • Bahan-bahan utama mojito mudah didapatkan, sehingga minuman ini semakin populer di berbagai belahan dunia.

Apa Itu Mojito?

Mojito adalah koktail khas Kuba yang menyegarkan. Ini terbuat dari air jeruk nipis dan mint. Cocok diminum saat cuaca panas. Di Indonesia, mojito mudah ditemui. Banyak yang suka karena asam dan menyegarkan.

Mojito: Minuman Koktail Tradisional Kuba

Mojito unik dengan rasa manis buah, mint segar, dan hangatnya daun mint. Di Kuba, mojito pakai rum. Tapi di Indonesia, versi tanpa alkohol lebih populer.

Cita Rasa Asam Segar dari Jeruk Nipis dan Mint

Mojito tanpa alkohol dicintai remaja di Indonesia. Rasanya asam manis, dan mint-nya segar. Pas diminum saat hari panas.

Di Kuba, mojito dihidangkan di highball. Tapi di Indonesia, ada berbagai gaya saji. Ada yang di toples, gelas berkaki, hingga seperti vas. Penyajiannya yang unik, plus rasanya segar, menarik banyak orang.

Popularitas Mojito di Restoran dan Kafe Indonesia

Kini, mojito populer di restoran dan kafe Indonesia. Bahan mudah didapat. Rasanya segar, dengan jejak mentol.

Dari Negara Mana Cocktail Mojito Berasal

Mojito Diciptakan di Kuba

Tidak jelas dari kota mana mojito berasal dan bagaimana diciptakannya. Banyak teori beredar mengenai asal-usulnya, memunculkan perdebatan. Menurut Will Pasternak, mojito muncul pertama kali di ‘Sloppy Joe’s Bar,’ New York City, pada tahun 1932.

Teori Asal Usul Kata “Mojito”

Banyak pendapat tentang asal mula kata “mojito.” Sebagian kata bahwa berasal dari bahasa Spanyol, yang berarti ‘basah.’ Orang lain berpendapat, asal katanya dari bahasa Afrika, artinya ‘mantra kecil,’ jelas Will Pasternak.

Bahan-Bahan Pembuat Mojito

Mojito terbuat dari gula, daun mint, air jeruk nipis, dan soda. Minumannya juga menggunakan rum putih. Rum Kuba asli mungkin terasa lebih kaya dan halus dibanding lainnya.

White Rum sebagai Bahan Utama

Menurut Krissy Harris, pemilik Jungle Bird di New York, Mojito terbaik dari Plantation 3 Stars atau Banks 5. Mereka menggunakan berbagai rum yang memberikan rasa unik pada Mojito. Rum Kuba orisinil juga dikenal punya rasa yang istimewa.

Rum Kuba Autentik: Rasa Kaya dan Halus

Krissy Harris lebih menyukai Mojito dari Plantation 3 Stars atau Banks 5. Mereka menggabungkan beragam rum, menjadikan rasanya berbeda. Rum Kuba asli memang terkenal dengan rasa kaya dan halus.

Fakta Menarik Tentang Mojito

“Mojito di Kuba selalu unik. Mereka tidak pakai simple syrup,” kata Paul Menta, dari Key West First Legal Rum Distillery. “Anda harus haluskan mint bersama gula. Ini agar minyak mint keluar. Air jeruk nipis lalu dicampur untuk kurangi rasa pahit,” jelasnya.

Mojito Paling Enak Dihidangkan dengan Es Batu

Mojito sangat pas buat musim panas. Minuman segar ini lebih nikmat dengan es batu. Makan es batu besar bisa buat koktail Anda tetap dingin lebih lama,” saran Harris.

Mojito Harus Diaduk Sebelum Diminum

Sebelum minum Mojito, Anda harus mengaduknya dulu. Ini kunci untuk rasa yang sempurna. “Minuman campuran mint, gula, dan rum rusak tanpa pengadukan. Ingat, aduk dengan sendok di dasar, tarik sedikit ke atas, agar rasa minyak dan gula merata,” tambah Menta.

Penggunaan Angostura Bitters untuk Rasa Pahit

Sebenarnya, Mojito jarang pakai rasa pahit. Tapi beberapa bartender mungkin tambahkannya. “Pihak kami merekomendasikan Angostura, mungkin cocok bagi Anda yang suka rasa pahit. Meski resep awalnya tak menggunakan, menambah bisa berikan rasa unik. Banyak bartender sekarang suka tambah Angostura,” kata Harris.

Sejarah Mojito Sebagai Minuman Obat

Mojito diisi dengan bahan alami dan buah segar, memberikan banyak manfaat, termasuk untuk kesehatan. Dahulu, minuman ini membantu mengatasi penyakit seperti disentri. Penyakit itu kerap menyerang para bajak laut.

Manfaat kesehatan mojito sebagai obat belum terlalu jelas. Namun, kepercayaan pada manfaatnya sudah ada sejak lama. Salah satunya yaitu saat digunakan pada masa lampau.

Popularitas Mojito di Berbagai Negara

Asalnya dari Kuba, mojito juga terkenal di Amerika Serikat. Mereka bahkan punya Hari Mojito Nasional tiap 11 Juli untuk merayakannya.

Mojito Populer di Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, mojito adalah minuman koktail yang digemari, khususnya oleh anak muda. Banyak cocktail bar dan restoran yang menawarkan mojito sebagai menu spesial mereka.

Populer di Negara Perancis, Inggris, dan Polandia

Mojito juga diminati di Negara Perancis, Inggris, dan Polandia. Katanya, minuman ini sudah ada sejak 500 tahun lalu di Kuba. Sejak itu, ia menjadi minuman favorit yang sering diminum.

Variasi Mojito Tanpa Alkohol

Mojito tanpa alkohol disebut virgin mojito. Banyak orang suka minumannya di Indonesia.

Virgin Mojito

Virgin mojito itu seperti mojito asli tapi tanpa alkohol. Bahannya sama, seperti air jeruk nipis, daun mint, dan gula. Hanya saja, tidak ada rum di dalamnya.

Cogito: Mojito dengan Rum Kelapa

Ada lagi mojito unik, yaitu cogito. Minuman ini pakai rum kelapa. Nama “cogito” dari kata “coconut” dan “mojito”, cerdas yah? Ini memadukan rasa kelapa dan kesegaran mojito.

Resep Mojito Ala Rumahan

Minuman Mojito bisa dinikmati di kafe atau bisa dibuat sendiri di rumah. Simak resep Mojito sederhana di bawah ini.

Lychee Mojito

Anda butuh 1 botol soda plain dingin, 1 jeruk nipis untuk perasan dan irisan, daun mint, gula cair, serta 3 leci kaleng. Mulai dari gelas shaker, campur gula cair, perasan jeruk nipis, daun mint, air soda, dan es batu. Kocok sampai rata.

Selanjutnya, tuangkan ke dalam gelas saji. Letakkan irisan jeruk nipis, buah leci, daun mint, dan es batu di atasnya. Lalu, tuang minuman dari shaker ke gelas saji.

Mojito Ade

Untuk Mojito Ade, siapkan 1 jeruk nipis, 3 batang daun mint, 1 sendok makan gula, dan 1 botol soda 390 ml. Juga siapkan es batu. Buat sirup lime dengan jeruk nipis, daun mint, dan gula.

Tuang sirup lime ke dalam gelas. Tambahkan es batu dan soda. Hias dengan daun mint.

Mojito Strawberry Kiwi

Bahan-bahan nya: 8 stroberi, 1 kiwi, 1 lemon, 150 ml simple syrup, 500 ml air soda, dan daun mint. Campur semua bahan dalam wadah tambahkan es batu. Aduk sampai tercampur rata.

Virgin Mojito

Bikin Virgin Mojito dengan stroberi, lemon atau jeruk nipis, daun mint, Sprite, dan es batu. Cuci bersih stroberi dan jeruk nipis, kemudian potong-potong.

Hancurkan daun mint dan tuangkan Sprite di atasnya. Tambahkan es batu.

Mojito Strawberry

Anda butuh 1 cup stroberi, daun mint, 1 sdm air jeruk nipis, dan 1 jeruk nipis iris. Plus 600 cc sprite dan es batu. Letakkan stroberi, mint, irisan jeruk nipis, dan es batu di gelas.

Tuang sprite sampai penuh. Akhiri dengan air jeruk nipis. Aduk rata.

Mojito Virgin Lychee

Bahan-bahannya: 1 kaleng soda water, 4 sdm sirup melon, dan 2 jeruk. Campur semuanya dalam gelas.

Kesimpulan

Minuman Mojito bukan hanya segar tapi juga sarat sejarah. Meskipun asal Kuba, ia populer di berbagai negara. Di masa lalu, digunakan sebagai obat alami.

Di Indonesia, Mojito dikreasikan tanpa alkohol. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Nikmati kesegarannya untuk momen santai.

Menyelami sejarah dan ciri khas Mojito memberi penghormatan pada minuman tradisional. Cobalah buat di rumah dan rasakan keberagaman rasa sedunia.

FAQ

Dari negara mana cocktail mojito berasal?

Mojito berasal dari negara Kuba, bukan dari Indonesia. Ini adalah minuman dari luar negeri.

Apa itu mojito?

Mojito adalah minuman dingin asal Kuba. Ia terdiri dari 5 bahan, seperti rum putih dan soda. Rasanya asam segar karena ada jeruk nipis dan mint.

Bagaimana sejarah dan asal-usul mojito?

Asal-usul mojito masih misterius hingga sekarang. Banyak teori dari mana asalnya, membuatnya dibicarakan. Kata “mojito” mungkin berasal dari Spanyol atau Afrika.

Apa saja bahan-bahan pembuat mojito?

Rumputih mojito, gula, mint, dan soda adalah bahan utamanya. Menggunakannya membuat mojito jadi minuman segar dan enak.

Fakta menarik apa saja tentang mojito?

Di Kuba, mojito tidak memakai simple syrup. Mereka ganggu gula dan mint agar rasanya lebih kaya. Mineral es besar menjaga rasanya tetap konsisten.Mojito harus diaduk lembut sebelum minum. Sebagian bartender tambahkan Angostura bitters untuk sentuhan pahit.

Apa saja manfaat mojito?

Mojito dulunya diklaim bisa obati penyakit disentri. Walaupun tidak ada bukti ilmiah, banyak yang percaya. Ini karena penggunaannya di masa lalu.

Seberapa populer mojito di dunia?

Mojito terkenal di Kuba, tapi juga di negara lain. Amerika Serikat, Perancis, dan Inggris suka minumnya. Di Indonesia pun sudah jadi favorit di restoran dan kafe.

Apa saja variasi mojito tanpa alkohol?

Di Indonesia, kita punya virgin mojito. Ada juga resep mendekati original, menggunakam rum kelapa yang disebut cogito.

Resep mojito apa saja yang bisa dibuat di rumah?

Di rumah, kamu bisa coba banyak resep mojito. Misalnya, lychee mojito dan mojito strawberry kiwi. Atau kesukaan banyak orang, virgin mojito dan mojito strawberry.