Prima Bali Catering

Catering wisata di bali

Manfaat Catering yang paling penting

Jika Anda berpikir, apa sulitnya memasak? Kenapa harus menggunakan catering? Semua orang juga bisa memasak. Walaupun bukan masakan susah, tapi intinya semua orang pasti bisa mengolah makanannya sendiri.

Bagi Anda yang belum mengerti tentang betapa pentingnya catering, khususnya untuk orang-orang yang sibuk, berikut ini adalah berapa alasan kenapa catering itu sangat penting serta alasan kenapa Anda harus menggunakan jasa catering harian untuk kebutuhan Anda.

  • Hemat Pengeluaran

Pada dasarnya, membeli makanan mentah dengan yang sudah jadi itu lebih terjangkau . Lalu kenapa bisa dikatakan membeli makanan catering bisa menghemat pengeluaran?

Catering berbeda dengan restoran. Untuk satu menu, Anda sudah harus membayar dengan biaya sekian, sementara pada paket catering sendiri sekali bayar langsung dapat beberapa menu. Yang membedakan hanyalah porsi.

Tapi dijamin tetap bisa bikin kenyang.

  • Hemat Waktu

Menggunakan jasa catering ini tentu dapat menghemat waktu dan tenaga untuk memasak makanan. Apalagi jika terdapat acara yang besar dan membutuhkan banyak makanan. Katering ini sangatlah dibutuhkan.Memasak bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan 1 – 2 jam. Belum lagi waktu yang digunakan untuk berbelanja bahan-bahan di pasar. Dari waktu dan tenaga yang kita gunakan itu juga, belum tentu rasanya akan enak.

Berbeda halnya jika Anda menyerahkan tugas tersebut kepada catering. Setiap masakan diolah oleh orang yang berbakat, bahan masakan berkualitas tinggi, dan sebagai pelanggan, Anda cukup menunggu makanan sampai di rumah.

  • Bisa diantarkan Langsung Ke Tempat Tujuan

Salah satu keunggulan catering adalah makanan diantarkan ke rumah layaknya sedang delivery. Hanya saja delivery-nya ini lebih murah, dan gratis ongkos kirim.

Coba bayangkan, Anda tak perlu memasak, tak perlu mengeluarkan banyak uang, tak perlu mengotori tangan Anda, dan tak perlu mengambil makanan tersebut..

  • Makanan dijamin Bergizi

Ini tergantung jasa yang Anda pilih. Kalau jasa cateringnya bagus, poin ini pasti sangat mereka junjung tinggi.Beberapa contoh makanan yang bergizi adalah sedikitnya pemberian MSG, makanan dimasak dengan baik (matang), kolaborasi menunya seimbang, serat terpenuhi, ada sayuran, sumber protein, dan karbohidrat.

 

Proses Persiapan dan Pemilihan Bahan Baku

Meliputi keseluruhan kegiatan persiapan dan pemilihan bahan baku. Bahan baku yang dibutuhkan akan dipersiapkan dan dipilih secara ketat baik dari sisi kualitas, ukuran, kesegaran dan kelengkapan legalnya. Hal ini untuk menjaga agar makanan olahan yang dihasilkan akan sesuai dengan standar mutu yang sudah ditentukan, aman dan terjamin kehalalannya. 

Penyimpanan Bahan Baku

Bahan baku yang sudah dipilih dengan seleksi yang ketat kemudian disimpan di tempat penyimpanan yang sesuai, dengan pengaturan menurut karakter masing-masing bahan. Bahan-bahan tertentu yang membutuhkan penyimpanan dengan suhu rendah, seperti ikan, daging, olahan daging dan sebagainya ditempatkan di freezer atau lemari pendingin, untuk menunggu proses selanjutnya.

Proses Peracikan

Bahan baku yang siap diolah terlebih dahulu dibersihkan dan diambil bagian-bagian yang dibutuhkan. Selanjutnya, bahan baku yang sudah benar-benar bersih akan dibuat berukuran tertentu dengan proses pemotongan, kemudian diracik sesuai dengan kebutuhan masing-masing olahan menu.

 

Proses Pengolahan

Bahan baku yang sudah diracik kemudian langsung diolah atau dimasak sesuai dengan menu yang sudah ditentukan, menurut resep yang diawasi langsung oleh kepala juru masak. Proses pengolahan makanan harus benar-benar sesuai prosedur standar dan terkendali untuk menjaga kualitas cita rasa, higienitas dan kesegaran hasil olahan makanan.

 

Proses Pengemasan dan Distribusi

Hasil olahan makanan kemudian dikemas dalam wadah-wadah tertutup yang sudah dipastikan dalam kondisi bersih dan aman, agar tetap higien dan terjaga keutuhannya, baik selama proses pengiriman sampai saat disajikan di tempat tujuan. Setelah melalui pemeriksaan akhir, makanan siap diberangkatkan sesuai dengan jadwal pengiriman yang telah diatur agar makanan sampai di tujuan dalam kondisi baik, tetap segar dan disajikan tepat waktu.

 

Proses Penyajian dan Pelayanan

Makanan dan minuman yang telah sampai di lokasi – biasanya ruang makan (misalnya kantin perusahaan), atau dining room dalam gedung, maupun lokasi lain yang disiapkan untuk kegiatan jamuan makan – semuanya disusun, diatur dan disajikan sesuai dengan kebutuhan. Untuk kebutuhan resepsi atau acara jamuan khusus, penataannya diatur agar diupayakan menyatu dengan tema atau bagian dari dekorasi ruangan. Sedangkan untuk jadwal makan dan minum karyawan perusahaan, semua disiapkan menurut peraturan makan minum di perusahaan tersebut. Keseluruhan pelayanan tersebut dikoordinir oleh petugas, dengan dibantu crew pramusaji dan operasional lapangan.