Prima Bali Catering

Catering pernikahan bali

Kata catering diambil dari kata kerja ‘cater’ yang memiliki arti menyiapkan dan menyajikan makanan untuk umum.

“Katering adalah suatu usaha di bidang jasa dalam hal menyediakan atau melayani permintaan makanan, untuk bernagai macam keperluan,” menurut Purwati Tj, dkk

“Katering adalah jenis penyelenggaraan makanan yang tempat memasak dan makanan berbeda dengan tempat menghidangkan makanan. Makanan diangkut ke tempat lain untuk dihidangkan, misalnya ke tempat penyelenggaraan pesta, pertemuan, rapat, kantin, atau kafetaria industri. Makanan yang disajikan bisa berupa makanan kecil, makanan lengkap, atau makanan rantang,” menurut Sjahmien Moehyi

Catering sudah muncul sejak tahun 1800-an, tapi jenis usaha ini baru mulai populer semenjak tahun 2000-an.

Catering adalah usaha yang menyediakan makanan untuk orang lain. Catering sendiri memiliki dua karakteristik atau sifat, yaitu komersial dan non komersial.

  1. Komersial

Catering komersial bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Contohnya seperti warung makan, restoran, pusat jajanan, catering pernikahan, dan banyak lagi.

  1. Non Komersial

Catering non komersial adalah mereka yang menyediakan makanan untuk orang lain dengan tujuan memenuhi kewajiban tanpa adanya memperoleh keuntungan. Memang pada dasarnya catering non komersil tetap mendapatkan pendapatan, tetapi secara tetap atau berupa gaji.

Adapun yang termasuk dalam catering non komersial berupa para penyaji makanan di institusi seperti rumah sakit, panti asuhan, dan lembaga lainnya.

Bisnis catering juga memiliki banyak jenis. Setiap jenisnya memiliki pelayanan dan tugas berbeda-beda. Berikut contoh jenis-jenis catering yang ada:

  1. Private Catering

Jenis jasa catering ini adalah jasa catering profesional dengan memberikan pelayanan pramusaji yang selalu siap memberikan layanan di masing-masing meja makan para tamu undangan dari sebuah acara.

Hal itu bertujuan untuk mempermudah para tamu jika ada yang memerlukan sesuatu. Biasanya catering jenis ini akan memberikan pelayanan service yang lengkap.

  1. Catering Dine-In

Catering Dine-In adalah jenis catering yang menjadikan kamu merasakan restoran seperti ada di rumah. Catering ini akan menyajikan makanan yang biasanya digunakan untuk acara-acara formal dengan banyak tamu.

  1. Self Service Catering

Sesuai dengan namanya, catering ini adalah jenis catering seperti catering prasmanan pada umumnya. Hanya saja, jenis catering ini hanya menyediakan makanan saja.

Untuk penyajian makanan akan diserahkan secara langsung kepada pemilik acara. Namun, catering jenis ini sangat jarang diminati. Karena dianggap kurang efisien dengan service yang tanggung.