Prima Bali Catering

Catering enak bali

Sederhananya, catering adalah koki dan sekelompok tim yang menyiapkan, memasak dan menyajikan makanan. Kalau di Indonesia akrabnya disebut sebagai jasa boga yang melayani pemesanan makanan untuk berbagai acara (pesta, pribadi, institut pemerintahan dan yang ada hubungannya dengan kebutuhan makanan).

Tapi sebenarnya pengertian dan karakter catering lebih luas dari itu. Simak penjelasan berikut untuk melihat dan mengetahui lebih dalam mengenai catering atau jasa boga ini.

Intinya catering adalah usaha menyediakan makanan untuk orang, yang mana dalam usaha ini memiliki dua sifat.

Sifat catering ada 2, yaitu komersial dan non komersial.

Komersial: tujuan dari sifat catering satu ini adalah  untuk memperoleh keuntungan. Jasa boga yang andil di dalamnya tergolong dalam kategori Restoran, Kantin, Warung Makan, Kafetaria, Catering untuk Acara, Jamuan Makan, Pusat Jajan dan yang sekiranya memperoleh keuntungan makanan lainnya.

Non-Komersial: mereka tidak bertujuan mencari keuntungan, tugansya hanya memenuhi kewajiban tapi tetap digaji. Contoh jasa boga dalam kategori ini adalah penyelenggara makanan institusi (Rumah Sakit, Asrama, Panti Asuhan, Lembaga Permasyarakatan dan lain-lain).

Dari banyaknya jenis jasa catering yang tersedia, yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini adalah catering acara atau catering yang menyediakan makanan untuk acara-acara tertentu.

Di Indonesia, Usaha ini biasanya terdiri dari sebuah Tim yang terdiri dari orang-orang yang bekerja di Divisi Pembelian Bahan Baku, Divisi Dapur, Divisi Pengiriman, Divisi Pemasaran, Divisi Administrasi dan Divisi Manajemen.

 

Tim sebuah Jasa Catering bisa besar atau kecil.

Bisa terdiri dari banyak divisi, atau hanya beberapa divisi saja.

Semuanya tergantung seberapa banyak pelanggan mereka, seberapa besar kapasitas dapur mereka, dan masih banyak lagi hal-hal lainnya yang mempengaruhi besar kecilnya sebuah Tim Catering.

 

Kata ‘catering’ sendiri berasal dari bahasa inggris ‘cater’ yang artinya menyiapkan makanan dan menyajikannya untuk umum.

Orang-orang yang melakukan itu disebut ‘caterer’.

 

Jenis Jenis Catering Menurut Masyarakat

 

Yang akan saya bicarakan di sini adalah jenis-jenis catering berdasarkan pemahaman masyarakat umum dan bagaimana mereka biasa menyebutnya.

Jadi ini bukan berdasarkan pendapat para ahli.

 

Biasanya, masyarakat umum menyebutkan jenis catering berdasarkan tempat di mana catering itu berada atau atau area pelayanannya. Ada juga yang membedakannya berdasarkan jenis atau sifat pelayanannya.

 

Misalnya, ada yang disebut Catering Hotel, Catering Restoran, Catering Industri, Catering Transportasi, Catering Pernikahan, Catering Rumahan, Catering Harian, Catering Sekolah, Catering Rumah Sakit, Catering Sehat, Catering Nasi Bento, Catering Penjara, Catering Rumah Jompo, dan Catering Yatim Piatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *