Prima Bali Catering

Bali good food catering

Sesuatu yang kita makan akan berpengaruh pada tubuh kita. Makanan yang baik tentu akan memberikan dampak yang baik pula pada tubuh, begitu juga sebaliknya. Baik atau tidaknya makanan yang kita konsumsi berhubungan dengan kualitas dari makanan tersebut.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas dari hidangan makanan. Dan, salah satunya adalah bahan yang digunakan. Bahan makanan yang kurang bagus tentunya akan mempengaruhi kualitas makanan, mulai dari tampilan hingga rasa. 

Lalu, seperti apa sih seharusnya bahan makanan yang digunakan agar kualitas makanan tetap terjaga?

Pertama, kebersihan. Kebersihan bahan makanan yang akan dipilih merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Kebersihan bahan makanan biasanya terkonsentrasi pada tempat ataupun wadahnya. Jika bahan makanan tersebut berada atau dikemas dengan wadah yang kurang bersih, tentu kualitasnya akan berkurang, serta cenderung terkontaminasi bakteri dari luar. Maka kita perlu teliti saat membeli. Pastikan bahwa bahan makanan tersebut berada di tempat yang seharusnya serta terkemas dengan baik. Jangan lupa pula untuk mengecek tanggal kadaluarsanya.

Kedua, kesegaran. Kondisi bahan makanan yang kurang segar biasanya akan berpengaruh pada cita rasa yang timbul saat makanan sudah matang atau tersaji. Bahan makanan yang kurang segar juga akan mengurangi nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Beberapa bahan makanan yang perlu diperhatikan kesegarannya yaitu bahan-bahan mentah seperti produk hewani (ikan, daging, telur), sayuran, dan buah. Maka, jika kita membeli jenis bahan-bahan tersebut alangkah baiknya untuk tidak membuat stock terlalu banyak.

  • Makanan yang Sehat adalah Makanan yang Halal

Jelas, di sini Anda tidak bisa memperoleh makanan sehat bila mengkonsumsi makanan haram seperti daging Babi, darah, hewan yang menjijikkan, alkohol, daging hewan yang bertaring dan hewan yang tidak disembelih atas nama Allah. Itu benar-benar tidak sehat.

  • Makanan Sehat Harus Kaya akan Serat

Tujuan mengkonsumsi makanan yang berserat adalah memperlancar pencernaan dan menyehatkan perut kalian. Ketika serat Anda tercukupi, sampah yang ada di dalam perut pun dapat dengan cepat diproses untuk dikeluarkan.

  • Makanan yang Sehat Kandungan Garam dan MSG-nya Sedikit

Makanan yang mengandung garam dan penyedap rasa yang berlebihan dapat membekukan darah. Garam yang berlebih juga bisa mengakibatkan hipertensi serta masalah pada jantung. Bila dikonsumsi berlebihan secara terus menerus, kemungkinan terburuknya adalah kanker. untuk catering harian bali bisa request tanpa msg.

  • Makanan Sehat Adalah Makanan yang Rendah Lemak dan Minyak

Lemak memang memberikan energi untuk tubuh kita, tapi kalau mengkonsumsi lemak yang berlebihan pun tidak bagus. Bukannya membuat kita semakin berenergi, malahan sebaliknya. Tubuh lebih cepat lelah karena ingin bermalas-malasan, kemudian obesitas.

  • Makanan yang Sehat Harus dimasak dengan Sempurna

Ini tidak berlaku untuk sayuran. Lebih baik sayuran dimasak setengah matang untuk menjaga nutrisinya supaya tidak hilang. Tapi jika yang dimasak adalah daging, pastikan ia matang secara sempurna luar dalam.

Jangan sampai Anda menikmati daging yang bagian dalamnya masih ada darah segar karena tidak matang tersebut.

 

Contoh Makanan Sehat yang Paling Menjadi Favorit Banyak Orang:

  • Buah dan Beri

Buah dan Beri adalah makanan sehat paling populer di dunia. Untuk mengolahnya pun mudah, ada yang cuma memakannya langsung, atau dibuat salad buah.

Beberapa Buah dan Beri tersebut di antaranya adalah: Apel, Alpukat, Blueberry, Pisang, Jeruk, Anggur, Ceri, Kiwi, Lemon, Mangga, Melon, Pir, Plum, Nanas, Zaitun, Persik dan Stroberi.

  • Telur

Telur adalah makanan paling bergizi, rasanya pun enak, serta bisa diolah menjadi masakan apa saja. Meskipun awalnya Telur dianggap memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, namun studi baru menunjukkan bahwa mereka sebenarnya tetap sehat dan aman dikonsumsi.

  • Daging

Daging yang sehat tentu saja daging yang tidak memiliki banyak lemak serta daging yang matang sempurna dan mempunyai tekstur lembut. Contohnya daging Sapi tanpa lemak, dada Ayam, daging Domba (lebih baik jika itu anak daging Domba).

  • Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan mengandung Vitamin E dan Magnesium yang baik buat tubuh. Mereka memang mempunyai kalori serta lemak yang cukup tinggi, akan tetapi kacang-kacangan mampu menurunkan berat badan Anda. Yang paling populer adalah Kacang Almond, Kacang Macadamia, Kenari, Kelapa, dan Biji Chia.

  • Sayuran

Tak perlu ditanyakan lagi betapa sehatnya mengkonsumsi sayuran. Ada beragam jenis sayuran sehat, tapi yang paling baik di dunia ini adalah sayuran Asparagus, Brokoli, Paprika, Wortel, Kembang Kol, Bawang Putih, Mentimun, Kale, Bawang, Kubis, terong, seledri, jamur, lobak, labu, selada dan Tomat.

 

  • Ikan dan Makanan Laut

Ikan sangat kaya akan asam lemak omega 3 dan yodium. Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan dalam jumlah yang tinggi memiliki waktu hidup yang lebih lama.

Contoh ikan-ikan bergizi itu antara lain: Salmon, Kerang, Udang, Trout, dan Tuna.

  • Biji-Bijian

Ada beberapa biji-bijian yang sangat sehat dan kami rekomendasikan untuk Anda konsumsi, yaitu: Nasi Merah, Oat dan Quinoa.