Prima Bali Catering

2 Telur Rebus Berapa Kalori? Hitung Kalori Telur Rebus

Mungkin Anda bertanya-tanya, berapa kalori yang ada dalam 2 butir telur rebus? Atau, Anda sedang cari tau gizi dan nilai nutrisi dari telur? Kami akan jelaskan segala hal tentang kalori telur rebus, nutrisi telur rebus, dan kandungan gizi telur rebus. Dengan info ini, Anda bisa membuat keputusan cerdas untuk diet atau kesehatan Anda.

Ringkasan Penting

  • 1 butir telur rebus besar mengandung 77 kalori
  • Telur rebus kaya akan protein, lemak, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan
  • Telur rebus cocok untuk program diet karena rendah kalori
  • Telur rebus bisa diolah jadi menu sehat dengan bahan lain
  • Makan telur rebus dengan sedang bermanfaat untuk kesehatan

Apa Itu Telur Rebus?

Telur rebus adalah telur ayam yang dimasak lewat rebusan dalam air. Cara memasak ini membantu mempertahankan kandungan nutrisi. Sehingga, telur rebus dianggap pilihan makanan sehat.

Definisi Telur Rebus

Telur rebus ialah telur ayam yang dimasak hingga matang di dalam air. Cara masak ini menjaga bentuk telur tetap utuh. Serta, mengonservasi kandungan gizi dan tekstur yang bagus.

Cara Memasak Telur Rebus

Pertama, siapkan panci dan letakkan telur di dalamnya. Tuangkan air hingga telur terendam. Rebus dengan api sedang selama 6-12 menit, disesuaikan dengan matangnya telur yang diinginkan.

Setelah matang, angkat telur dari air panas. Rendam dalam air es selama 5 menit. Hal ini akan mempermudah proses pengupasan telur.

Kandungan Gizi Telur Rebus

Telur rebus adalah sumber baik dari protein. Satu telur rebus berisi 6,26 gram protein.

Protein dalam Telur Rebus

Telur rebus termasuk makanan tinggi protein. Protein dalam telur seimbang dan gampang dicerna oleh tubuh kita.

Lemak dalam Telur Rebus

Satu butir telur rebus mengandung 5,28 gram lemak. Ini mencakup 1,627 gram lemak jenuh, 0,704 gram lemak tak jenuh ganda, dan 2,03 gram lemak tak jenuh tunggal. Nutrisi lemak yang berimbang membuatnya menjadi asupan yang sehat.

Vitamin dan Mineral dalam Telur Rebus

Telur rebus juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Misalnya, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin B12, kolin, dan zat besi. Zat-zat ini essensial untuk kesehatan tubuh kita.

2 Telur Rebus Berapa Kalori?

Dua butir telur rebus besar punya 154 kalori. Setiap butir besar (50 gram) itu 77 kalori. Kalo setengah matang, jadi 78 kalori. 100 gram telur yang direbus, isinya 154 kalori.

Ukuran Porsi Kalori (dalam kilokkalori)
1 telur rebus kecil 57 kal
1 telur rebus sedang 68 kal
1 telur rebus besar 77 kal
1 porsi (50 g) 77 kal
100 gram 154 kal

Kalori Telur Rebus vs Telur Goreng

Perbandingan antara telur rebus dan telur goreng sangat menarik. Kita lihat dari segi kalori. Telur rebus lebih rendah kalorinya dibanding telur goreng.

Perbedaan Kalori Telur Rebus dan Goreng

Sekali telur rebus punya sekitar 77 kalori. Telur goreng dengan minyak cukup, bisa sampai 85-120 kalori.

Dampak Kalori terhadap Kesehatan

Makan sedikit kalori dengan telur rebus bagus buat kesehatan. Ini cocok untuk diet atau orang yang butuh kurang kalori.

Manfaat Mengonsumsi Telur Rebus

Telur rebus adalah sumber protein yang bagus. Mereka memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ini sebabnya, telur rebus tidak boleh dilewatkan.

Baik untuk Kesuburan

Vitamin B dan omega-3 yang ada di telur rebus sangat penting. Mereka membantu kesehatan sel telur dan sperma. Jadi, telur rebus bisa meningkatkan kesuburan Anda.

Menjaga Kesehatan Mata

Kuning telur rebus punya lutein dan zeaxanthin. Ini adalah antioksidan yang baik untuk mata. Mereka mencegah katarak dan degenerasi makula.

Zat-zat tersebut juga melindungi mata dari sinar UV dan radikal bebas. Jadi, pastikan untuk makan telur rebus.

Mengurangi Kolesterol

Telur rebus membantu menurunkan kolesterol jahat. Kandungan kolesterol yang rendah sangat baik untuk jantung. Ini membuatnya cocok untuk orang yang diet atau punya masalah kolesterol.

Meningkatkan Energi

Telur rebus kaya protein dan kolin. Ini bermanfaat untuk otak dan suasana hati. Dengan begitu, mereka meningkatkan energi dan fokus Anda.

Porsi Ideal Mengonsumsi Telur Rebus

Yang terbaik adalah tahu berapa banyak telur rebus yang baik makan. Untuk yang sehat, makan hingga 7 butir setiap minggu itu aman.

Anjuran Porsi Telur Rebus per Hari

Buat yang punya diabetes atau masalah kesehatan lain, konsultasikan dengan dokter dulu. Jumlah telur yang boleh dimakan berbeda tiap orang. Gizi, olahraga, dan kesehatan masing-masing orang mempengaruhi ini. Berkonsultasilah dengan ahli gizi atau dokter untuk rekomendasi porsi yang tepat.

Cara Mengupas Telur Rebus dengan Mudah

Untuk memudahkan mengupas telur rebus, ikuti langkah-langkah sederhana. Pertama, rebus telur selama 10-12 menit. Lalu, pindahkan telur ke air es selama 5 menit. Cara ini akan mempermudah pelepasan dari cangkang.

Air es dapat digunakan untuk membuat cangkang telur lebih mudah dilepaskan. Saat direndam dalam air es, suhu telurnya berubah. Inilah yang menyebabkan cangkang otomatis menyusut dan terpisah dari isinya.

Menerapkan teknik ini akan membuat Anda menikmati telur rebus dengan cara cepat. Anda tak perlu lagi direpotkan dengan cangkang yang sulit diupas. Cara ini efektif dan hasilnya adalah telur yang sempurna.

Tips Menikmati Telur Rebus dengan Sehat

Telur rebus enak dan sehat. Ada cara untuk menikmatinya lebih baik. Berikut tips agar telur rebus jadi pilihan sehat:

Variasi Sajian Telur Rebus

Pilih cara penyajian telur rebus yang berbeda. Ini akan tambah nikmat dan sehat. Misalnya, buat sandwich dengan roti gandum. Atau tambahkan pelengkap seperti peterseli, tomat cherry, dan alpukat. Ini menjadikan hidangan lebih menarik dan kaya gizi.

Paduan Telur Rebus dengan Makanan Lain

Tak hanya sendiri, telur rebus pas dipadu dengan makanan lain. Ini bisa jadi menu sarapan atau makan siang sehat. Misalnya, tambah sayuran, buah-buahan, atau sumber protein lainnya. Hasilnya, hidangan jadi seimbang dan mengenyangkan.

Kesimpulan

Telur rebus adalah pilihan sehat untuk menjaga kesehatan dan mengatur kalori. Setiap butirnya hanya 77 kalori. Ini menjadikannya sumber protein lezat dan bergizi.

Nutrisi dari telur rebus termasuk vitamin, mineral, dan gizi penting lainnya. Hal ini bermanfaat untuk kesuburan, kesehatan mata, dan energi kita.

Jika Anda diet atau perlu makan rendah kalori, coba telur rebus. Dengan porsi tepat, Anda tetap sehat dan menikmati rasanya.

Telur rebus tidak hanya enak tapi juga sehat. Makan telur rebus membantu kesehatan dan kebugaran kita.

FAQ

Berapa kalori yang terkandung dalam 2 butir telur rebus?

Dua butir telur rebus besar mengandung total 154 kalori. 1 butir berukuran besar (50 gram) sama dengan 77 kalori. Jika setengah matang, itu adalah sebesar 78 kalori.

Apa itu telur rebus?

Telur rebus adalah telur ayam yang direbus dalam air mendidih. Cara memasak ini menjaga nutrisi dan strukturnya.

Bagaimana cara memasak telur rebus?

Letakkan telur dalam panci dan tuangkan air hingga menutupi. Kemudian, rebus sambil masak dengan api sedang selama 6-12 menit. Sesuaikan waktu memasak sesuai tingkat kematangan yang diinginkan.Angkat telur setelah matang dan rendam dalam air es selama 5 menit. Dengan begitu, telur akan lebih mudah dikupas.

Apa saja kandungan gizi dalam telur rebus?

Telur rebus bagus untuk sumber protein. 1 butir berisi 6,26 gram protein. Itu juga punya 5,28 gram lemak, diantaranya ada lemak jenuh dan tak jenuh.Ada juga vitamin penting seperti A, D, E, B12, kolin, dan zat besi dalam telur rebus.

Berapa kalori yang terkandung dalam 1 butir telur rebus?

77 kalori ada di dalam satu butir telur rebus berukuran besar (50 gram).

Apa perbedaan kalori antara telur rebus dan telur goreng?

Telur rebus memiliki 77 kalori, lebih sedikit dari telur goreng. Satu telur goreng bisa mencapai 85-120 kalori, tergantung minyak yang digunakan.

Apa saja manfaat dari mengonsumsi telur rebus?

Telur rebus meningkatkan kesuburan karena kaya vitamin B dan asam lemak omega-3. Ada juga lutein dan zeaxanthin yang baik untuk mata. Telur rendah kolesterol, membantu mencegah penyakit jantung.Protein dan kolin di dalamnya bagus untuk otak dan menjaga suasana hati.

Berapa porsi ideal telur rebus yang dapat dikonsumsi per hari?

Orang sehat bisa makan hingga 7 butir telur rebus setiap minggu. Tapi, bagi yang diabetes, konsumsi harus dibatasi dan dikonsultasikan dengan dokter.

Bagaimana cara mengupas telur rebus dengan mudah?

Untuk kulit telur rebus mudah lepas, rebus dalam air panas 10-12 menit. Lalu, rendam dalam air es 5 menit. Cara ini membuat telur lebih mudah dikupas.

Bagaimana cara menikmati telur rebus dengan sehat?

Nikmati telur rebus dengan roti gandum untuk sarapan sehat. Atau tambahkan peterseli, tomat cherry, dan alpukat sebagai pelengkap.Telur rebus enak disantap dengan sayuran, buah, atau protein lain. Ini membuat menu lebih varietas dan sehat.